Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA NUNGGING


(SWIM BLADDER DISEASE)



Salam Arowana,

Dalam kesempatan ini saya akan membahas satu penyakit pada arowana yang disebut penyakit swim bladder atau gangguan pada gelembung renang dari ikan arowana tersebut yang menyebabkan arowana berenang menungging ke arah bawah. Peyakit ini dapat saya katakan sangat sulit untuk disembuhkan bahkan bisa dibilang tidak dapat disembuhkan jika ikan arowana sudah terkena gangguan pada gelembung renangnya. Namun tidak ada salahnya jika hobbiis mengetahui dan mengerti permasalahaan dari penyakit ini sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan kita.

Arowana nungging

Dalam anatomi setiap ikan pasti memiliki dengan apa yang disebut swim bladder atau gelembung renang. Pada kasus arowana, swim bladder terletak dibagian bawah dari ikan arowana mulai dari perut sampai hampir mendekati daerah pangkal sirip belakang. Bentuk dari gelembung renang tersebut adalah seperti selongsong selang yang memanjang yang berupa membran atau selaput tipis. Fungsi dari gelembung renang ini adalah untuk menjaga keseimbangan ikan pada waktu berenang dan juga pada waktu melakukan gerakan keatas dan ke bawah untuk menyelam. Sepeti kita ketahui seperti prinsip dari kapal selam itu sama mengadopsi sistem yang dimiliki oleh ikan. Namun jika ikan arowana sudah mengalami gangguan pada gelembung renangnya misalnya terluka atau terkena tekanan baik yang disebabkan karena tekanan dari luar maupun karena suatu trauma atau benturan maka ikan arowana sudah tidak memiliki keseimbangan lagi dalam berenang dimana akhirnya lama kelamaan gaya berenang dari ikan arowana tersebut menjadi menukik kebawah sehingga menjadi nungging. Ada beberapa kemungkinan dari arowana terkena penyakit ini. Saya akan coba untuk menerangkannya.

Kesalahan Packing

Kesalahan packing bisa menjadi salah satu sebab dari penyakit swim bladder. Ingat bahwa penyakit ini kadang tidak langsung terjadi pada ikan arowana anda namun terjadi secara bertahap. Packing plastik yang terlampau keras pada saat perjalanan dapat menyebabkan rusaknya gelembung renang pada ikan terutama jika ikan tersebut dikrim melalui paket udara (dengan mengunakan pesawat terbang). Usahakan dalam pembungkusan ikan pada saat akan mengikat bagian atasnya sisakan space sebesar tiga jari orag dewasa sehingga packing ikan agak longgar. Pada saat pesawat terbang berada di atas maka packing tersebut akan mengembang dan menjadi kencang. Ingat hukum fisika dimana jika kita mengikat suatu plastik atau balon dan pada saat dibawa ke ketinggian maka balon atau plastik tersebut akan mengembang. Jika packing di darat sudah agak kencang maka pada saat di ketinggian packing tersebut akan lebih mengeras lagi dan tekanan yang ada di dalam kantong plastik tersebut akan menekan bagian perut ikan anda dan dapat menyebabkan keruskan pada gelembung renangnya.

Paa saat ikan sampai di tempat tujuan dan dimasukan ke dalam akuarium. Penyakit tersebut tidaklah langsung terjadi namun akan ada suatu proses dalam beberapa waktu. Pada awalnya ikan akan terlihat berenang dengan melakukan gerakan yang melayang layang maju dan mundur dimana posisi kepala agak menghadap ke bawah. Setelah beberapa hari maka ikan tersebut bagian kepalanya akan full menukik ke bawah dan ikan akan berenang secara nungging.
 
Faktor ketinggian Air

Faktor ketinggian air juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada gelembung renang ikan terutama mulai dari ikan tersebut berukuran bayi atau fries. Ikan yang masih kecil tidak boleh ditempatkan dalam akuarium yang tinggi misalnya di akurum besar yang mempunyai ketinggian 60-70 Cm. Ikan kecil tersebut pada umunya masih rentan dan pada sat melakukan gerakan menyelam bisa saja pada akhirnya menyebabkan tekanan yang cukup besar pada gelembung renangnya dan menyebabkan kerusakan dimana pada akhirnya ikan tersebut akan berenang nungging. Hal ini haruslah diperhatikan baik baik oleh para hobbiis.

Pemberian Pakan

Pemberian Pakan yang tidak teratur atau bahkan salah dalam pemberian pakan juga bisa mengakibatkan gangguan pada bagian dalam tubuh arowana yang menyebabkan ikan arowana dapat menjadi terkena penyakit nungging. Pakan yang diberikan kadang terlampau banyak, dan kadang tidak diberi pakan sama sekali dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan penyakit pada arowana. Untuk itu pemberian pakan ang benar dan teratur adalah syarat mutlak bagi para pecinta arowana.

Treatment Arowana Nungging

Jujur saya katakan bahwa jka arowana sudah terkena penyakit nungging apalagi sudah jelas bahwa terjadi kerusakan pada gelembung renangnya maka arowana trsebut sangat sulit bahkan tidak dapat disembuhkan. Ada satu cara agar arowana tersebut tidak tersiksa. Caranya adalah turunkan permukaan air sampai batas dimana arowana tersebut sudah tidak bereang dengan gerakan menungging dan maintain ketinggian air tersebut setiap saat. Hal ini akan embuat ikan anda berenang secara normal. Untuk itu perlu selalu diperhatikan bagi para hobbiis arowana untuk mengerti caresheet pemeliharaan arowana secara menyeluruh sehingga kita dapat menikmati hobby kita dengan tenang.

1 komentar:

  1. 🙏ikan arwana saya berenangnya nungging di ukuran 15cm apa bisa disembuhkan?...dan apakah bisa menggangu pertumbuhan ikan arwananya..trima kasih sblmnya.

    BalasHapus