Rabu, 25 Februari 2015

INSANG MELIPAT PADA AROWANA

(OPEN GILL DISEASE)

Penyakit insang melipat juga kadang dialami oleh hobbiis arowana dalam perjalanannya memelihara ikan kesayangannya. Penyakit insang melipat atau biasa disebut dengan Open Gill disease paling banyak disebabkan karena faktor lngkungan yang kurang bersih dimana dalam hal ini adalah masalah kebersihan dari akuarium. Oleh karena itu sagat penting untuk selalu menjaga kebersihan dari akuarium anda dan yang paling penting adalah perhatikan jadwal penggantian air akuarium. Open Gill disease menyebabkan tampilan ikan arowana anda menjadi jelek disebabkan bagian insang dari kan ada yang melipat ke arah luar dan ada di beberapa kasus yang sangatlah parah dimana bisa melipat seperti slayer. Satu satunya jalan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan cara operasi.

Operasi Insang Melipat

Dalam melakukan operasi insang melipat kita harus membius ikan arowana terlebih dahulu. Cara pembiusan adalah dengan menggunakan fsih stabilizer dengan merk Aquadine. Ikuti dosis sesuai dengan petunjuknya. Ada cara traditional dalam pembiusan arowana yaitu dengan menggunaka minyak sereh. Namun di jaman ii sudah banyak obat bius ikan yang tersedia di pasar maka sebaiknya gunakan saja obat obatan yang ada.

Setelah ikan dibius angkat ikan tersebut dan mulai melakukan proses operasi. Proses ini adalah membuang bagian insang yang melipat tersebut dengan cara diptong atau digunting. Kalau memang kasus ini terjadi di kedua sisi insangnya makan harus dilakukan pemotongan di kedua insang arowana anda. Setelah selesai kita akan melakukan proses penyadaran ikan arowana tersebut dengan memasukan ke dalam akuarium yang airnya sidah baru dan kita beri powerhead. Dekatkan moncong ikan ke powerhead agar ikan tersebut sadar kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar