Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA MOGOK MAKAN

Dalam kesempatan ini saya akan membahas suatu masalah yang pasti akan dialami oleh hobbiis arowana dimana ada suatu saat ikan arowana anda tidak bernafsu untuk makan atau disebut penyakit mogok makan. Penyakit mogok makan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa dikarenakan ikan arowana anda stress akibat perjalanan yang jauh di dalam packing pelastik. Bisa juga disebabkan masih dalam tahap adaptasi dengan lingkungan barunya misalnya ikan arowana tersebut baru anda beli dan baru dibawa pulang. Bisa juga pada sat arowana anda itu pindah ke akuarium baru misalnya anda mengganti akuarium arowana anda dengan yang lebih besar. Bisa juga arowana anda bosan dengan satu jenis makanan yang diberikan dan mengakibatkan si ikan arowana jadi gak mau makan. Ada treatment yang dapat diberikan jika arowana anda mogok makan.

Pertama – tama, ganti air akuarium anda dengan air endapan yang baru. Lalu ada satu pil khusus yang berfungsi untuk menenangkan ikan anda dan juga perangsang nafsu makan yang disebut pil hobbies. Pil ini banyak terdapat di sentra penjualan ikan hias dengan kemasan kardus mini bergambar ikan arowana. Hari pertama masukan tiga butir pil ke dalam akuarium arowana anda. Hari kedua masukan dua butir pil, hari ketiga dua butir lagi, dan hari keempatcukup satu butir pil saja. Niscaya arowana anda sudah mau makan kembali. Untuk memaintain nafsu makan dan kesehatan arowana anda bisa juga anda memberikan vitamin B complex sesekali. Masukan saja satu butir vitamin tersebut ke dalam akuarim anda dan ikan anda pasti akan terjaga kesehatannya.

Jika ikan arowana anda masih tidak mau makan juga, coba pancing dengan memberikan umpan kecoak. Biasanya arowana yang mogok makan mau melahap umpan kecoak. Namun seperti yang pernah saya bahas coba dapatkan kecoak madagascar. Selain ukuranya lebih besar dan mengenyangkan, kecoak madagascar ini relatif lebih bersih dikarenakan hasil ternakan. Bukan sepeti kecoak biasa yang notabene lahir dari kotoran dan kebersihanya juga masih diragukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar