Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA NGUNCUP

Kenapa disebut arowana nguncup karena arowana yang terserang penyakit ini akan terlihat nguncup dimana dayung dan siripnya semua merapat ke bagian tubuhnya dan arowana tersebut diam tidak berenang. Makan dikalangan hobiis disebut penyakit nguncup pada arowana. Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit ini. Salah satunya adalah perubahan suhu yang secara mendadak. Terutama untuk akuarium yang ditaruh di ruangan ber AC misalnya akuarium arowana tersebut ditempatkan di perkantoran, atau arowana tersebut dipelihara di daerah yang berupa dataran tinggi atau daerah dingin. Faktor lainnya adalah masalah perubahan air yang cukup drastis juga dapat menyebabkan arowana nguncup. Pengidentifikasian arowana sakit sebenarnya sangatlah mudah. Perhatikan dayung arowana itu sendiri. Jika arowana anda berenang dengan dayung yang tidak melebar. Sudah dapat dipastikan arowana anda sedang kurang sehat. Hal apa yang harus dilakukan bila arowana anda terserang penyakit nguncup? Saya akan coba untuk menjabarkannya disini.

Pertolongan pertama

Lakukan penggantian air akuarium anda. Cukup air dibuang sepertiga sampai setengah dari tinggi akuarium anda. Beri garam ikan secukupnya, lalu ubah setinggan heater akuarium anda menjadi 30 derajat celcius. Tunggu dan pantau air akuarium apakah sudah menjadi hangat. Perlu diingat bahwa arowana itu hidup di daerah yang hangat. Jadi jika anda menaruh akuarium anda di ruangan ber AC apalagi dengan suhu AC yang cukup dingin, maka hal ini haruslah diperhatikan. Fungsi heater sangatlah penting untuk ditaruh di dalam akuarium anda. Jika sudah kita dapat melakkan treatment atau pengobatan untuk arowana tersebut.

Pengobatan

Banyak sekali obat obatan antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati arowana yang sakit. Namun perlu diingat bahwa saya pribadi adalah orang yang paling anti menggunakan obat obatan yang keras untuk mengobati penyakit pada ikan selama ikan tersebut baru terkena penyakit dalam tahap dini. Seperti halnya pada manusia. Contohnya jika kita terkena penyakit flu. Kalau bisa kita coba untuk meminum obat obatan untuk flu yang tersedia di pasar dahulu sesuai dengan dosis yang ditentukan. Janganlah kita langsung meminum obat antibiotik untuk mengobati penyakit flu tersebut, karena nantinya ada satu titik dimana jika kita terlalu sering mengkonsumsi antibiotik, lama kelamaan tubuh kita sudah imum terhadap jenis antibiotik tersebut dan kita sudah tidak mempan lagi dengan dosis yang dianjurkan. Hal ini juga akan berlaku pada ikan. Ini adalah satu prinsip yang saya pegang.

Untuk pengobatan dini saya cukup mempercayai dengan obat ikan yang bernama Pomate. Pomate adalah obat yang sangat cocok untuk segala jenis penyakit pada ikan hias pada umumnya. Belilah pomate yang asli di sentra ikan hias yang terpercaya. Masukan obat pomate sesuai aturan dan biarkan selama satu hari. Dua hari kemudian coba lakukan penggantian air kembali dan tunggu perkembangannya. Jika ikan belum sembuh lakukan kembali proses tersebut dua hari kemudian sampai ikan kembali prima. Jika ikan sudah sehat kembali kembalikan setingan heater anda ke angka 29 derajat celcius.Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar