Rabu, 25 Februari 2015

MATA TURUN PADA AROWANA

DROP EYE DISEASE (DE)

Arowana yang dipelihara di dalam akuarium pada dasarnya cepat atau lambat matanya akan turun terutama pada saat umur arowana itu sudah tua. Kecuali arowana tersebut dipelihara di dalam kolam maka kasus ini tidak akan terjadi. Namun permasalahan yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana meminimalisasi terjadinya penyakit mata turun pada arowana pada saat dini. Banyak hobiis yang memelihara arowana baru sekitar 12 bulan saja mata arowana tersebut sudah turun. Saya akan membahas cara cara penanggulangan untuk meminimalisasi arowana akan terkena penyakit ini.

Pemberian Pakan Tenggelam

Pemberian pakan yang tenggelam atau yang berada di dasar akuarium adalah salah satu faktor penyebab arowana terkena penyakit mata turun. Pakan tenggelam yang paling sering diberikan adalah ikan mas. Kadang hobiis merasa malas untuk memberikan pakan yang mengapung diatas atau misalnya hobbiis tersebut akan pergi ke luar kota dan beliau membeli ikan mas satu kantong dan memasukkannya ke dalam akuarium dengan alasan pakan tersebut akan cukup untuk arowana selama satu minggu selama ditinggalkan. Hal ini adalah salah besar. Arowana anda akan sering mengintai makanannya terutama ikan mas yang berenang di dasar akuarium anda. Hal ini yang paling sering menyebabkan mata turun dari arowana dapat terjadi dengan cepat. Usahakan untuk memberikan pakan yang mengapung untuk arowana anda seperti jangkrik atau kelabang yang akan berenang diatas permukaan air sehingga jika arowana anda merasa lapar ikan tersebut akan selalu berusaha melihat keatas untuk mencari makanannya.


Posisi Akuarium

Posisi akuarium yang terlalu rendah juga dipercaya dapat menyebabkan ata arowana turun. Sebagai contoh jika anda mempunya akuarium susun dimana posisi akuarium yang di bawah sangatlah rendah misalnya pandangan dari dalam akuarium itu adalah sebatas betis orang dewasa. Hal ini akan menyebabkan penyakit mata turun juga apalagi jika banyak orang yang lalu lalang dimana arowana anda akan memiliki ketertarikan untuk selalu melihat ke bawah. Hal ini kalau bisa dihindari dengan menyesuaikan ukuran tinggi dari rak akuarium anda sihingga posisi akuarium tidak terlalu rendah. Cara lainnya adalah dengan memberikan gorden di depan akuarium anda jadi jika arowana anda tidak seang anda nikmati anda dapat menutup gordennya.

Sinar Lampu Yang terlalu kuat.

Sinar lampu yang terlalu kuat dari posisi atas juga dapat menyebabkan penyakit mata turun pada ikan arowana anda. Sinar lampu sangat dibutuhkan oleh arowana anda sebagai pengganti sinar UV dari Matahari apalagi jika posisi akuarium anda ada di dalam ruangan rumah dimana tidak terkena sinar matahari sama sekali. Sinar UV ini juga berfungsi untuk proses tanning arowana anda (Akan saya bahas di kesempatan lainnya). Untuk itu selalu usahakan bahwa sinar dari bagian atas akuarium anda haruslah lebih rendah dibanding sinar dari depan.

Dasar akuarium yang mantul

Perhatikan dasar akuarium anda. Kadang kita sering menemukan akuarium di sentra penjualan ikan hias dimana akuarium tersebut mungkin dibuat dari kaca kaca bekas atau mereka sekenanya membuat akuarium dari bahan bahan yang ada atau pada saat itu tersedia dimana kadang ada akuarium yang dasarnya itu mematul atau menggunakan kaca seperti cermin. Hal ini juga dapat menyebabkan mata arowana anda turun. Pilih akuarium yang dasarnya doft atau gunakan sticker sehingga tidak memantulkan refleksi ke atas.

Pencegahan dan Pengobatan Mata Turun

Selain faktor diatas, ada beberapa cara yang dilakukan hobiis untuk mencegah penyakit mata turun. Sekali lagi hal ini adalah berdasarkan pengalaman dan kepercayaan theori dari para hobiis arowana dimana kefektifannya masih harus diuji. Ada hobiis yang menempatkan satu bohlam merah di bagian atas akuarium sehingga ikan arowana anda akan selalu tertarik untuk melihat sinar dari bohlam tersebut. Cara lainya adalah ada yang memasukkan bola pimpong ke dalam akuariummnya dengan warna yang mencolok yaitu warna kuning atau orange.Bola yang mengapung kesana kemari akan menjadi suatu daya tarik bagi ikan arowana sehingga arowana tersebut sepanjang waktu akan melihat keatas. Cara lain yang paling sering dijalankan oleh hobis adalah dengan memasukan arowana tersebut ke dalam kolam. Hal ini terbukti merupakan cara yang paling efektif untuk mengobati mata turun 

Operasi Mata Turun Pada Arowana

Jika penyakit mata turun pada arowana anda sudah parah, ada cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan operasi penyakit mata turun. Anda harus meyerahkan operasi ini untuk dilakukan oleh oleh yang sudah ahli dan berpengalaman. Ikan tersebut dibius dahulu, diangkat, lalu dioperasi di bagian matanya dengan cara menyayat kandungan lemak yang mengganjal yang menyebabkan arowana tersebut turun matanya. Setelah operasi selesai maka ada treatment khusus yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan pemijatan di bagian mata arowana ada agar cepat pulih dan normal. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar