Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA MUNTAH

Arowana muntah bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan hal ini haruslah diperhatikan oleh para hobbiis arowana. Arowana muntah umumnya disebabkan karena faktor keracunan yang bisa disebabkan dari pakan maupun dari adanya perubahan kondisi air dan juga suhu. Muntah pada arowana jika tidak ditangani secara cepat dapat berakibat fatal bagi keselamatan ikan arowana itu sendiri. Saya akan coba membahas satu persatu mengenai masalah ini.

Faktor Keracunan

Keracunan dapat menjadi satu penyebab arowana muntah. Biasanya keracunan ini bisa disebabkan dari pakan atau makanan arowana yang diberikan atau adanya pakan lain yang termakan oleh arowana dan bisa juga karena racun yang berasal dari kondisi air. Salah satu contoh keracunan yang berasal dari pakan adalah pemberian pakan serangga yang tanpa kita ketahui sebelumnya terkena pestisida. Hal ini sudah pasti bisa menyebabkan arowana anda mabuk dan akhirnya muntah dimana kalau tidak diketahui dan ditangani dengan cepat makan bisa berakibat fatal. Atau jika arowana anda berada di kolam dan akhirnya memakan tumbuhan yang ada di dalam kolam dan akhirnya nyangkut di bagian tubuh ikan itu sendiri juga bisa mengakibatkan arowana anda muntah. Keracunan lingkungan hidupnya juga bisa mengakibatkan arowana anda muntah seperti kondisi air yang sudah lama tidak diganti karena banyak mengandung acid.

Perubahan Kondisi Air dan Suhu

Peubahan kondisi air dan suhu juga dapat menjadi pemicu penyebab arowana anda muntah. Kondisi air yang berbeda misalnya pada saat pemindahan akuarium atau juga sehabis proses perjalanan dan juga perubahan suhu dimana ikan arowana tersebut mendadak ditempatkan di ruangan yang ber AC bisa juga memicu ikan ada menjadi mabuk dan akhirnya muntah. Hal ini perlu diperhatikan dan langsung diberi penanganan khusus.

Tindakan Yang Diambil

Tindakan yang harus segera dilaukan bila arowana anda muntah adalah. Pertama langsung ganti air akuarum anda dengan air endapan yang baru. Bersihkan atau sedot semua kotoran yang ada. Setelah air diganti siapkan garam ikan dan masukan ke dalam akuarium dimana garam dapat megikat kadar racun yang ada di daam air sehingga air dapat kembali dalam keadaan normal dan jika bisa nalakan heater akuarium sesuai dengan kebutuhan ikan anda. Semoga Membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar