Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA CAKIL

PENYAKIT AROWANA

1. AROWANA CAKIL

PROTUDING LOWER JAW (PLJ)


Pengertian dari arowana cakil adalah arowana yang mempunyai panjang bibir dari mulut bawah melebihi bibir atas dari ikan arowana tersebut yang sering disebut dengan istilah Protuding Lower Jaw atau disingkat dengan nama PLJ. PLJ ini lebih banyak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan dari ikan tersebut. Arowana cakil paling sering terjadi pada arowana jenis Silver Brazil. Namun hal ini juga terjadi pada jenis arowana lainnya termasuk Super Red Arowana. Adalah suatu momok besar bagi para hobiis dikarenakan arowana cakil langsung menjatuhkan nilai pasar dari ikan arowana itu sendiri apalagi kalau cakilnya parah dimana ada beberapa kasus cakil dari arowana dapat sampai sepanjang satu buku dari jari manusia. Bagaimana pencegahan arowana agar tidak terkena permasalahan ini?

Identifikasi Sejak Dini

Bakat cakil dari arowana itu dapat kita identifikasi sejak dini. Semenjak arowana itu masih bayi sudah dapat kita lihat apakah arowana tersebut mempunyai bakat cakil atau tidak. Memang faktor utama dari arowana cakil ini adalah berasal dari faktor genetik atau keturunan. Pilih arowana yang mempunyai mulut yang rapat antara bibir atas dan bibir bawah. Ada trend di kalangan hobbiis terutama hobbiis di jepang yang menginginkan arowana yang bentuk kepalanya nyendok atau dahulu disebut dengan istilah cocor bebek. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah ikan arowana yang sudah nyendok sejak kecil harus kita perhatikan bentuk bibirnya apakah ada bakat cakil atau tidak. Sebab dengan berjalannya waktu dan seiring dengan pertumbuhanya kadang akan mendorong bagian bawah bibir arowana tersebut kedepan dan melebihi bibir atasnya sehingga kasus cakil dapat terjadi. Sekarang bagaimana jika kita harus menyiasati arowana cakil agar tidak menjadi tambah parah?
Penanggulangan Arowana Cakil

Ada cara yang dapat kita lakukan untuk menyiasati arowana yang cakil. Hal ini dengan pengecualian jika cakil pada ikan arowana tersebut tidak begitu parah. Jika sudah parah saya katakan tidak ada yang dapat mengubah cakil pada ikan arowana tersebut. Salah satu cara yag dapat kita lakukan adalah dengan menggemukan ikan arowana tersebut dengan memberi pakan yang cukup banyak mengandung lemak sehingga bagian muka dan mulut menjadi gemuk dan mulut bagian atas dapat sedikit maju dan agak merapat dengan mulut bagian bawah. Sudah pasti proses ini tidak dapat berjalan dengan singkat dan sudah pasti perlu waktu yang cukup lama. Penanggulangan lainya adalah jika ikan arowana kita sudah mempunyai bakat cakil jangan sekali kali memasang arus di dalam akuarium kita. Adalah satu naluri kan jika ada arus maka ikan tersebut akan bermain main melawan arus tersebut dan hal ini akan membuat arowana kita yang sudah mempunyai bakat cakil menjadi tambah cakil.

Hal yang paling mudah untuk menghindari permasalahan ini adalah proses selektif yang benar dan teliti sebelum kita mengadopsi ikan arowana sebagai ikan kesayangan kita. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar