Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA MELOMPAT

PERAWATAN DAN PENANGGULANGANNYA

Perlu diketahui bahwa ikan arowana adalah ikan yang mempunyai kekuatan melompat yang cukup kuat. Bahkan lompatan arowana ukuran dewasa sekitar 70-80 CM jika menghantam jakun manusia bisa menyebabkan seseorang pingsan. Perlu kita ketahui bahwa arowana juga kadang melompat dari dalam akuarium, bahkan dalam beberapa kasus akan menghantam bagian depan akuarium sampai pecah. Untuk itu seperti yang sudah pernah kita bahas bahwa akuarium arowana haruslah dilengkapi dengan tutup bagian atas yang rapat agar arowana kita tidak melompat keluar dari akuarium. Arowana melompat bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena lapar atau juga faktor stress dimana ikan merasa terancam misalnya pada saat akan dilakukan proses packing, maupun dalam proses adaptasi dengan tempat atau akuarium baru. Bagaimana penanggulangan dan perawatan ikan arowana yang melompat?

Penanggulangan Arowana Melompat

Jika arwana yang melopat masih berada di dalam akuarium maka kta masih dapat melakukan treatment atau perawatan dini. Arowana kadang melopat lompat di dalam akuarium yang disebabkan oleh faktor stress. Bisa ikan tersebut merasa stress karena lingkungan akuariumnya misalnya sudah terlampau kecil, atau bisa juga dari faktor eksternal. Kadang ada arowana yang mempunyai sifat atau mental yang buruk alias gampang stress. Misalnya dengan banyaknya orang yang lalu lalang dan sebaginya. Jika hal ini terjadi pada ikan arowana anda, langkah ang bisa ditempuh adalah sebagai berikut:

Pertama, coba masukan sedikit garam di akuarium anda, dan berikan obat penenang bagi ikan arowana anda. Anda cukup memasukan pil hobbies yang banyak tersedia di pasar sentra penjualan ikan hias. Anda dapat memasukan tiga buah sekaligus. Kedua, tutup seluruh permukaan luar akuarium anda dengan kertas atau jika akuarium dilengkapi dengan gorden, anda dapat juga menggunakannya. Lalu matikan lampu untuk sementara. Hal ini dapat diulang sampai ikan arowana kita sudah tenang. Sekali lagi hal ini tergantung dari mental ikan arowana itu sendiri.

Perawatan Arowana yang Melompat Keluar Akuarium

Ini adalah hal yang paling buruk jika dialami oleh hobbiisarowana dan diharapkan jangan sampai pernah terjadi. Arowana melompat keluar dari akuarium kadang bisa saja terjadi misalnya pada sat akan dipacking dan arowana tersebut lolos dari kantong plastik dan melompat sampai jatuh ke lantai. Ikan arowana yang jatuh ke lantai sudah asti akan mengalami suatu trauma atau benturan yang cukup keras. Hal ini akan berakibat sangat fatal apalgi jika bagian kepala adalah bagian yang paling keras terkena benturan. Namn anda jangan berkecil hati terlebih dahulu. Kta harus berusaha dahulu sebaik mungkin untuk mengobatinya sampai ikan tersebut dapat pulih seperti sedia kala.

Jika arowana anda melompat keluar akuarium dan sampai membentur lantai, tahap pertama adalah mengangkat arowana tersebut dari lantai untuk dimasukkan ke dalam akuarium. Cepat cari handuk atau bahkan kaos anda untuk memegang arowana yang jatuh untuk dimasukan kembali ke dalam akuarium. Dalam beberapa kasus ikan arowana yang terkena benturan tersebut akan tidak sadarkan diri atau pingsan. Hal ini terlihat dari mata yang mulai mendelik terbalik dan arowana tersebut tidak berenang sama sekali aliasmembalik ke posisi mulut menghadap keatas. Angkah selanjutya adalah kita harus menyadarkan kembali ikan arowana tersebut dengan melakkan petolongan pertama.

Seperti yang sudah pernah saya bahas, bahwa sebaiknya hobbiis menyediakan tabung oksigen di rumah karena jika hal seperti ini terjadi maka oksigen sangat diperlukan untuk menyadarkan ikan arowana. Pepetkan tubuh ikan di kaca akuarium anda dan jepit tubuh sebelahnya dengan menggunakan kaca lagi sampai ikan berada di posisi biasa. Lalu dengan menggunakan selang oksigen, dekatkan selang tersebut ke bagian mulut dari arowana anda dan pemberian oksigen dapat dilakukan. Sekali lagi tergantung dari ukuran parahnya benturan dari ikan arowana tersebut proses ini kadang bisa berjalan dengan waktu yang cukup lama. Ingat kita harus berusaha terlebih dahulu sebelum hal terburuk dapat terjadi pada ikan arowana kita. Kadang proses ini bisa memakan waktu lima hari bahkan lebih sampai ikan arowana tersebut sadar dan  dapat berenang sperti sedia kala. Untuk itu selalu berhati hati dalam memelihara ikan arowana dan pastikan jagan sampai terjadi kecerobohan sehinga hal ini dapat kita hindari.

1 komentar:

  1. Smlm arwanaku jtuh kelantai gara2 ank2 kcil brmain lari2 pegang kaca rame2,,,smp skrg nggk mau mkn sdh tk ksih pil buat stres,,stiap tk ksih jangkrik didkatin cm dicium mulutnx gk di buka trs prgi,,hrs gmn ya

    BalasHapus