Rabu, 25 Februari 2015

AROWANA MENGGAP

Arowana menggap menunjukan bahwa ikan arowana tersebut berada dalam kondisi mabuk yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Arowana menggap bisa dikarenakan adanya perubahan parameter air yang secara mendadak, atau bisa juga disebabkan karena keracunan atau kerurangan oksigen. Sebagai hobiis arowana anda harus benar benar memperhatikan hal ini dan menguasi penanggulangannya. Sebagai hobiis mungkin anda pernah melihat arowana anda berada di posisi dasar dari akuarium atau disebut juga arowana parkir. Hal ini adalah biasa karena sifat dari arowana kadang adalah sepeti itu. Namun jika arowana tersebut parkir atau berada dalam posisi diam diatas atau di permukaan air. Hal ini harus anda perhatikan benar benar. Yang pasti arowana anda pastilah sedang bermasalah. Ada beberapa faktor ang menyebabkan arowana menggap. Saya akan mencoba membahasnya satu per satu.

Perubahan Parameter Air

Perubahan parameter air yang secara mendadak bisa menyebabkan arowana anda menggap. Misalnya terjadi perubahan PH yang cukup signifikan juga akan menyebabkan hal ini meskipun kandungan oksigen di dalam air sudah cukup tersedia. Atau perpindahan arowana pertama kali dari kolam ke aquarium juga dapat menyebabkan arowana kaget dan menjadi menggap, dikarenakan kondisi air yang berbeda. Untuk itu perhatikan betul penyesuaian kondisi air pada saat perpindahan tempat dari ikan itu untuk meminimalisasi kemungkinan ini terjadi.

Kekurangan Oksigen

Kurangnya kandungan oksigen dalam air sudah pasti menyebabkan arowana menggap. Hal ini dapat terjadi jika hobiis menggunakan air yang kurang diendapkan atau malah menggunakan air yang baru sama sekali dan belum diendapkan. Untuk itu perhatikan penampungan air anda dimana harus memadai dan mempunyai kapasitas tampungan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Juga harus disediakan aerasi yang baik untuk air dan juga akuarium anda. Aerasi oksigen ke dalam air bisa dilakukan baik dengan cara melakukan sirkulasi terhadap air itu sendiri atau dengan menggunakan power head atau pompa aerasi, bahkan menggunakan pompa high blow jika memang dibutuhkan. Semua peralatan tersebut dapat mudah diperoleh di sentra penjualan ikan hias.

Keracunan

Faktor keracunan juga dapat menyebabkan arowana anda menggap. Keracunan dapat disebabkan dari faktor sanitasi atau kebersihan dari akuarium anda. Jika anda malas membersihkan akuarium, maka hal ini paling cepat membuat arowana anda keracunan. Hal yang perlu diingat adalah jika arowana anda menggap dan tidak diperhatikan atau diberikan tindakan pencegahan awal maka hal ini dapat berakibat fatal dimana bisa menyebabkan kematian ikan itu sendiri.
Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat anda melakukan pengurasan atau penggantian air akuarium anda, atau bahkan pada saat pemindahan ikan. Pada saat anda selesai melakukan pengurasan akuarium atau penggantian air, janganlah anda langsung meninggalkan akuarium anda. Namun tunggu dahulu sesaat dan perhatikan arowana anda. Apakah arowana anda sudah tenang dan berenang seperti semula atau masih berada dalam keadaan menggap atau stress. Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan arowana anda. Minimal saya sarankan 10- 15 menit bahkan sebagian hobiis meluangkan waktu sekitar satu jam untuk melakukan pengamatan.

Jika arowana anda masih menggap dan belum stabil, masukan garam ke dalam akuarium anda. Arowana yang menggap membuat air akuarium menjadi bau dan fungsi garam adalah untuk menyerap racun dan mengikatnya sehingga tidak membahayakan bagi arowana anda. Jika memang kondisinya lebih parah, maka hal yang harus dilakukan adalah menyuplai air akuarium anda dengan oksigen murni dengan cara memasukan oksigen tersebut dengan selang. Oleh karena itu sangatlah penting bagi hobiis untuk menyediakan tabung oksigen di rumah kalau sewaktu waktu diperlukan. Semoga membantu.

 

1 komentar: